SELAMAT DATANG DI BLOG SHINDOKA KALIMANTAN TENGAH
Sekretariat Shindoka Kalteng : Jl. Jawa Gg. 3 Serangkai No. 48 Selat Barat - Kuala Kapuas - Kalimantan Tengah / Phone : 08568922800

SEJARAH SHINDOKA KALIMANTAN TENGAH

Salam Karate Osh

Alhamdu Lillahi sekilas sejarah mengenai SHINDOKA KALTENG akhirnya dapat  penulis selesaikan walaupun agak terlambat dari perkiraan semula. Admin menyadari bahwa Sejarah keberadaan SHINDOKA di Kalimantan Tengah ini masih belum lengkap dan masih banyak kekurangannya. Untuk itu penulis tetap berusaha untuk terus menggali informasi-informasi yang berhubungan dengan SHINDOKA KALTENG. Disamping itu admin berharap bagi Senpai-senpai, saudara-saudara maupun teman-teman dari berbagai angkatan yang pernah bergabung dengan SHINDOKA ataupun yang pernah mengenal tentang SHINDOKA di Kuala Kapuas-Kabupaten Kapuas, kiranya dapat memberikan masukan guna kelengkapan isi dari materi ini.
Semoga diterbitkannya Sekelumit tentang Sejarah SHINDOKA KALTENG ini dapat menjadi gambaran kita semua tentang perjalanan SHINDOKA di Kabupaten Kapuas-Kalimantan Tengah.

Salam Karate Osh
  


SEJARAH SHINDOKA DI KALIMANTAN TENGAH 

SHINDOKA KALTENG tepatnya berada  di Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas-Kalimantan Tengah. Perguruan beladiri ini berdiri pada sekitar tahun 1975 dengan nama Shin Indonesia Karate Do Bushikan (SHINDOKAN) yang dibawa oleh seorang pemuda Manado yang bernama GOTMAN. Sejak itu kegiatan terus berkembangn dengan jumlah anggota cukup banyak dari kalangan pelajar, anak muda bahkan ada juga dari anggota TNI/POLRI.

Pada tahun 1980-an, pada saat itu ketua : HASBY MAHBARA, SH, ketika beliau bertugas di Jakarta, mengunjungi DPP/PB SHINDOKA dan bertemu dengan pengurus DPP/PB SHINDOKA termasuk dengan SHIHAN YOUNG, dan sejak itu juga Shin Indonesia Karate Do Bushikan (SHINDOKAN) resmi menjadi Shitoryu Indonesia Karate Do (SHINDOKA).
Setelah resmi menjadi SHINDOKA, perubahan dan perkembangan latihan mulai diperbaharui. Pengurus selalu berusaha untuk mendapat pembinaan dari para senpai/pelatih sehingga Shihan Young dan Sensei H. Masduri P. Wahyudi pernah datang ke Kabupaten Kapuas mengunjungi SHINDOKA KALTENG, dan ini menjadi motivasi bagi para pengurus SHINDOKA di Kabupaten Kapuas untuk terus mengembangkan perguruan beladiri beraliran Shitoryu ini.

Dalam perjalanannya, Shindoka Kalteng tidak selalu mulus, namun kami terus berupaya untuk tetap bertahan mengingat adanya aliran lain yang juga berkembang di Kabupaten Kapuas seperti INKAI, INKADO, LEMKARI dan KYOKUSINKAI serta aliran beladiri lainnya. Disamping itu, kami terus berusaha untuk tetap eksis dengan mengikuti kegiatan yang ada di Pengda Shindoka Kalimantan Selatan khususnya PLAIHARI dan TANJUNG seperti GASHUKU setiap awal tahun di TANAH LAUT.

Pada tahun 1988/1989, Shindoka Kalteng membuka pendaftaran bagi anggota baru dengan lokasi latihan di halaman SMEA-1 Kuala Kapuas. Pada saat itu Shindoka diasuh oleh Senpai Adrianus, Senpai Petrus dan para Kohai lainnya. Anggota yang terdaftar pada saat itu adalah dari kalangan pelajar dan dari kalangan umum.

Pada tahun 1991/1992, lokasi latihan SHINDOKA beralih ke halaman SMAN-1 Kuala Kapuas dan bertahan sampai tahun 1994. Selain di SMAN-1 Kuala Kapuas, Shindoka juga membuka lokasi pembinaan/dojo di MAN Al-Muhajirin Murung Keramat (PT. ANTANG) yang dibina oleh Senpai Moh. Hamdi (pada saat itu masih Kohai). Sepanjang rentang tahun tersebut (1991/1992 – 1994), Shindoka Kalteng pernah mengadakan Latihan Bersama dengan Perguruan Kyokusinkai di halaman Polres Kapuas (tahun 1992). Disamping itu  Shindoka Kalteng juga ikut berpartisipasi dalam kejuaraan-kejuaraan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Palangka Raya.

Setelah admin lulus dari SMAN-1 Kuala Kapuas dan melanjutkan pendidikan ke Jawa, tidak banyak informasi yang didapat admin tentang Shindoka di Kabupaten Kapuas. Namun sepanjang informasi yang diperoleh admin, Shindoka Kalteng masih tetap bertahan di SMAN-1 hingga tahun 1994. Walaupun pada tahun tersebut Shindoka di SMAN-1 Kuala Kapuas mengalami kemunduran, akan tetapi dojo Shindoka di MAN Al-Muhajirin Murung Keramat (PT. ANTANG) masih tetap aktif hingga saat ini, bahkan Senpai Moh. Hamdi juga membuka dojo/ranting di SMPN -5 Sare Pulau.

Tahun 2009, admin bergabung kembali dengan Shindoka Kalteng dimana pada saat itu Shindoka Kalteng membuka pembinaan/dojo di SMKN-2 Kuala Kapuas. Hal ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras Senpai M. Hamdi, Senpai Taufik, SenpaiSaiful Bahri dan Kohay Heri Junaidi. Di tahun yang sama mulai dirancang draf kepengurusan DPC Shindoka periode 2009 – 2014 untuk wilayah Kabupaten Kapuas. Terbentuknya kepengurusan ini mendapat dukungan dari Pengda Shindoka Kalimantan Selatan, dan selanjutnya daftar kepengurusan tersebut dikirim ke PB Shindoka di Jakarta.

Pada tahun 2010, Shindoka Kalteng berupaya mengembangkan diri dengan membuka dojo di Kecamatan Kapuas Timur Km. 14, tepatnya di MTs Al Azhar. Dan hingga saat ini Shindoka Kalteng telah memiliki 4 lokasi pembinaan/dojo yang berada di wilayah Kecamatan Selat dan Kecamatan Kapuas Timur.  

Dalam upaya menjalin silaturahmi dengan saudara-saudara anggota Shindoka yang berada di wilayah lainnya serta memperoleh informasi tentang Shindoka itu sendiri, di tahun 2010 ini pula admin membuka jaringan melalui Face Book (Shindoka Kal-Teng). Disamping itu, admin juga membuat "Blog Shindoka Kalteng" sebagai media informasi bagi saudara-saudara anggota Shindoka diwilayah lainnya dan media informasi bagi masyarakat Kabupaten Kapuas tentang perguruan beladiri Shindoka pada umumnya dan Shindoka  yang berada di wilayah Kalimantan Tengah pada khususnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan selain kegiatan rutin (Latihan rutin dan Ujian Kenaikan Tingkat), pada tanggal 10 – 11 Juli 2010 Shindoka Kalteng telah melaksanakan GASHUKU (Latihan Gabungan) yang dihadiri oleh Pengurus dan anggota dari PengDa Shindoka Kalimantan Selatan dan PengCab ShindokaTanah Laut. Dengan diadakannya kegiatan GASHUKU ini diharapkan Perguruan beladiri SHINDOKA mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Diawal tahun 2011 ini, perguruan Shindoka yang berada di Kabupaten Kapuas - Kalimantan Tengah telah terdaftar di PB Shindoka sebagai Cabang SHINDOKA untuk wilayah Kalimantan Tengah. Tentunya hal ini menjadi motivasi yang sangat besar bagi kami untuk terus eksis dan berupaya untuk terus mengembangkan  Perguruan SHINDOKA ini diwilayah Kabupaten Kapuas - Kalimantan Tengah. Kami menyadari bahwa ini merupakan suatu tantangan yang tidak mudah mengingat bahwa di Kabupaten Kapuas juga terdapat perguruan bela diri lainnya yang juga mengalami perkembangan. Semoga tantangan ini dapat kami jawab dengan sebaik-baiknya.


(Sumber : Moh. Hamdi & Sunu Aji Wirawan, S.Psi)

Tidak ada komentar: